Oleh: Dr. Marsigit, M. A.
Unsur -unsur psikologi yang terkandung, direview
oleh Dian Permatasari (10313244018)
Dalam mengembangkan metode belajar mengajar, seorang guru
perlu merencanakan skenario mengajar yang berupa rencana kegiatan siswa,
pendistribusian tugas, pengembangan penilaian metode, dan memantau kemajuan
prestasi siswa. Dalam mengembangkan pengalamannya guru juga perlu
berpartisipasi dalam lokakarya atau seminar sehingga guru dapat melakukan
proses belajar mengajar lebih efektif dan efisien. Siswa juga terlibat langsung
sehingga mereka menikmati proses pembelajaran.
Sekolah Berbasis Dasar matematika kurikulum menguraikan
bahwa tujuan mengajar pembelajaran matematika adalah sebagai berikut:
Untuk memahami konsep matematika, menjelaskan hubungan dan
menerapkan dalam memecahkan masalah secara akurat dan efisien.
Untuk mengembangkan keterampilan berpikir dalam belajar pola
dan karakteristik matematika, untuk memanipulasi mereka dalam rangka untuk
menggeneralisasi, membuktikan dan menjelaskan ide-ide dan proposisi matematika.
Untuk mengembangkan keterampilan pemecahan masalah,
menguraikan model matematika, memecahkan dan memperkirakan hasil yang akan
didapatkan.
Mengkomunikasikan ide-ide matematika dengan menggunakan
simbol, tabel, diagram dan media lainnya.
Untuk mengembangkan apresiasi dari penggunaan matematika
dalam kehidupan sehari-hari, keingintahuan, pertimbangan, dan mengembangkan
kemauan dalam matematika belajar serta tangguh dan percaya diri.
Dari kurikulum tersebut menyatakan bahwa dapat dipelajari
belajar matematika melibatkan berbagai pengajaran bidang pengetahuan dan banyak
keterampilan. Ketika pengetahuan baru muncul siswa perlu mengembangkan sikap
matematika mereka untuk dapat memecahkan masalah
Katagiri, S. (2004) menunjukkan bahwa, untuk mengembangkan sikap matematika,
siswa harus menyadari sebelum belajar merasakan "perlunya" dan
merasakan kebutuhan atau keinginan untuk menggunakan pengetahuan dan
keterampilan baru. Ini menyimpulkan bahwa penting untuk melakukan kelas
berbasis penelitian untuk menyelidiki diperlukan faktor pendorong terhadap
pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan.
Proyek Lesson Study terbukti sangat efektif dalam mengangkat
semangat siswa dalam belajar ilmu pengetahuan, membantu siswa untuk
mengembangkan eksperimental, keterampilan diskusi, dan memberikan kesempatan
kepada siswa dalam mengembangkan konsep mereka sendiri. Itu juga membuktikan
bahwa dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme siswa dapat menemukan gaya
terbaik mereka dalam belajar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar