by Dr. Marsigit
unsur - unsur yang terkandung, direview oleh Dian Permatasari
NIM/ Prodi : 10313244018/ International Mathematics Education
Makalah ini berisi tentang hasil penelitian Mr. Marsigit dan
Mrs. Ida, yang dilakukan di SMP 5 Wates, merupakan suatu penelitian tindakan
kelas yang bertujuan mengatasi masalah – masalah yang ada dalam kelas, seperti
masalah motivasi siswa dan penyebabnya. Keberhasilan dalam proses belajar
mengajar matematika tidak bisa terlepas dan peran guru sebagai informator,
komunikator, dan fasilitator. Metode yang digunakan guru pun berperan dalam
interaksi antara guru, siswa, dan prestasi siswa. Sampai sekarang, masih
terdengar siswa yang takut, tidak tertarik, sulit dikerjakan dan tidak
berhubungan dengan kehidupan sehari – hari. Hal itu bisa dilihat dari hasil
Ujian Akhir Nasional yang masih kurang dan harapan, tetapi ada pula siswa yang
suka metematika dan memperlihatkan prestasi yang membanggakan. Menurut
penelitian yang dilakukan Mr. Marsigit, salah satu upaya guru untuk
meningkatkan motivasi siswa di SMP khususnya SMP 5 Wates, dimana Mr. Marsigit
dan Mrs. Ida melakukan penelitian, adalah dengan membuat pembelajaran
metematika menjadi menyenangkan, menarik dan berhubungan dengan kehidupan
sehari – hari. Karena siswa SMP yang berusia 12 – 15 tahun, berdasarkan
teori kognitif dari Peaget, usia ini masih dalam tahap operasi formal yaitu
membandingkan, mendiskusikan, dan membuat kesimpulan. Dalam tahap ini, ada
tahap perubahan fungsi intelektual dari pemikiran konkret menuju ke abstrak,
maka dari itu siswa mmebutuhkan alat peraga yang mampu membantu proses
pembelajaran. Berdasarkan penelitian yang dilakukan Mr. Marsigit dan Mrs.
Ida dengan alat peraga yang digunakan berupa papan berpaku, karet, kartu,
lembar kerja siswa, kertas transparan, benang, kayu yang digunakan sebagai
model matematika, ternyata mampu untuk meningkatkan motivasi siswa dalam proses
belajar mengajar. Dari hasil tersebut, peneliti menyarankan agar guru
matematika khususnya untuk SMP hendaknya menggunakan metode yang bervariasi
untuk memotivasi siswa, menghindarkan siswa dari kebosanan, dan selalu
menggunakan alat peraga untuk menjelaskan tentang konsep, ide, definisi, dan
prosedur dalam matematika.
http://staff.uny.ac.id/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar