By Dr. Marsigit
Reviewed by : Dian Permatasari
NIM/ Prodi : 10313244018/ International Mathematics Education
Makalah ini berisi tentang pendekatan realistik yang digunakan untuk
pembelajaran tentang pecahan di SMP dengan menggunakan Lesson Study.
Matematika di SMP berfungsi untuk mendorong siswa berpikir logis, analitis,
sistematis, kritis, kreatif dan dapat berkolaborasi dengan orang lain. Para
siswa perlu mengembangkan keterampilan pemecahan masalah baik masalah tertutup
atau terbuka. Dalam memecahkan masalah, siswa perlu kreatif untuk mengembangkan
cara dan alternatif pemecahan masalah, mengembangkan model matematika, dan
untuk memperkirakan hasilnya. Pendekatan kontekstual dan realistis disarankan
untuk dikembangkan guru untuk mendorong mathematical thinking di sekolah dasar.
Dengan pendekatan ini, diharapkan siswa selangkah demi selangkah belajar dan
menguasai matematika dengan antusias.
Matematika harus dekat dengan anak – anak dan sesuai dengan kehidupan sehari –
hari. Namun, kata realistik itu tidak hanya berarti berhubungan dengan dunia
nyata tapi juga dengan masalah yang ada di dalam pikiran siswa. Pendidikan
matematika yang diselenggarakan sebagai suatu proses penemuan yang terarah,
dimana siswa dapat mengalami proses yang sama dengan proses penemuan
matematika.
Meskipun, model iceberg membantu siswa untuk membangun konsep pecahan mereka
sendiri, tetapi siswa masih kesulitan untuk memecahkan masalah secara simbolis.
Namun, mereka menyelesaikan masalah yang serupa dengan konteks situasi dunia
nyata. Banyak dari guru yang mengakui bahwa representasi pecahan adalah hal
yang sangat abstrak dan sulit bagi siswa. Sementara itu, mereka juga menemukan
bahwa model iceberg adalah pendekatan yang sangat berguna dan pentinga dalam
pembelajaran pecahan pada siswa SMP. source:
http://staff.uny.ac.id/dosen/marsigit-dr-ma
Tidak ada komentar:
Posting Komentar